+10 344 123 64 77

Sunday 10 March 2013

Cara Menambah Kapasitas Memori Internal Android


Nah gan tertarik kan dengan gambar yang diatas. Berawal dari Hobi saya yang suka Download Aplikasi diandroid market, Tapi suatu saat Memori internal saya penuh karena sering download. Berbagai macam cara sudah saya lakukan, tapi tetep aja memori internal saya penuh. Dan akhirnya  saya menemukan solusin yang paling ampuh, yaitu dengan menjadikan memori ekternal sebagai memori internal saya. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu persiapkan bahan2nya terlebih dahulu, untuk bahannya bisa didownload disini. Partisi dahulu memori card kamu (FAT 32, EXT4, Linux Swap) , pastikan kamu sudah membackup data di memory card kamu. berikut ini adalah cara partisinya :

Pastikan Memory card kamu dipasang pada Card Reader dalam proses pemartisian
Jika kamu menggunakan os berbasis Linux, beginilah cara untuk mempartisiniya
  • pertama buka dahulu System -> Administration -> Disk Utility lalu setelah itu pilih memory yang ingin dipartisi.


  • Lalu unmount dahulu memory card kamu dengan mengklik unmount supaya bisa dipartisi
 


  •  lalu setelah itu delete partition 

    • kamu akan dimintai konfirmasi untuk menghapus partisi kamu, lalu pilih delete untuk menghapus partisi kamu

    • kini partisimu telah kosong, langkah selanjutnya adalah klik create Partition untuk membuat partisi lalu pilih tipe FAT, pada partisi FAT pada linux akan otomatis memilih FAT 32 jika dilihat diwindows, lalu isikan paristisinya sesuat kebutuhan kamu, karena partisi ini untuk data kamu seperti gambar, foto, video, dan data game yang disimpan di memory ekternal. Karena pada percobaan kali ini saya menggunakan memory 1GB maka saya mengisinya 1GB, bisa lebih ko, sesuai kebutuhan kamu saja.
      
    • Setelah itu kini partsi FAT 32 telah terbuat.  
    •  Lalu klik partisi yang masih kosong, lalu klik Create Partition

    • lalu pilih ext 4, untung menggunakan linux jadi kita bisa membuat partisi linux terbaru. Isikan sesuai kebutuhan kamu, tapi jangan lupan sisakan untuk memory swap. Nah di partisi EXT 4 inilah kita akan menaruhkan file systemnya, jadi ga memakai memori internal lagi. Lalu pilih create.

    • Nah kini partisi ext4 kamu telah terbuat

    • lalu langkah selanjutnya adalah kita membuat memory swap yaitu dengan cara pilih create Partition pada partisi kosong.

    • Lalu pilih swap space, isikan seluruh memory yang tadi kamu gunakan, pda dasarnya perhitungan standar swap adalah 2 x kapasitas memory ram, misal memory ram kamu 256 MB, maka swap kamu adalah 512 MB. Memory swap ini digunakan untuk penyimpanan cache memory, jadinya memory ram kamu akan tidak terbebani.

    • Nah kini kamu telah selesai membuat partisi, dan kamu siap kelangkah berikutnya.



    Untuk Yang Menggunakan Windows, begini caranya.
    Download dulu bahannya klik disini. Tidak seperti linux yang telah menyediakan program untuk mempartisi tanpa install lagi, tapi jika diwindows kita harus mengintsallnya terlebih dahulu, klik disini untuk mendownload.
    Setelah didownload install dahulu aplikasinya, jika sudah, lalu buka aplikasinya.
    Lalu delete dahulu partisi memory sdcardnya, sorry ya kalo HDD ane kecil, maklumlah budgetnya anak sekolah udah gitu penuh lagi, hehehehe.... kalo ada yang punya HDD lebih, ane siap nampungnya ko, hehehe


    jika sudah didelete lalu klik create untuk membuat partisi.


    Lalu buat partisi FAT 32 sesuai kebutuhan kamu dan jangan lupa pilih yang primary, karena ane pernah nyoba yang logical eh malahan ga kebaca sama HH ane, penjelasannya sama kaya yang diatas yaitu partisi ini buat data pribadi kamu. Lalu klik ok


    lalu klik partisi yang masih kosng, lalu pilih create


    lalu kamu akan diminta persetujuan untuk membuat partisi tersebut, lalu pilih yes untuk melanjutkan.


    lalu pilih ext 4, Jangan Lupa ini Juga Harus Primary jangan yang logical. Isikan sesuai kebutuhan kamu, tapi jangan lupan sisakan untuk memory swap. Nah di partisi EXT 4 inilah kita akan menaruhkan file systemnya, jadi ga memakai memori internal lagi. Lalu pilih ok.


    Nah kini partisi ext 4 kamu telah terbuat, lalu pilih partisi yang kosong, kini kita akan membuat lalu kamu akan diminta konfirmasi partisi untuk swap.

    Lalu kamu akan diminta konfirmasi, klik yes untuk melanjutkan.

    Lalu pilih Linux Swap, Dan jangan lupa pilih primary juga. isikan seluruh memory yang tadi kamu gunakan, pda dasarnya perhitungan standar swap adalah 2 x kapasitas memory ram, misal memory ram kamu 256 MB, maka swap kamu adalah 512 MB. Memory swap ini digunakan untuk penyimpanan cache memory, jadinya memory ram kamu akan tidak terbebani. Lalu pilih ok

    setelah semua dibuat kini tekan apply untuk menerapkan partisi kamu.

    Tunggu sebentar jangan dicabut parisi kamu karena akan menyebabkan error

    Jika Sudah Proses Partisi, kini copykan dahulu bahan yang tadi kamu download ke /sdcard
    Masuk Ke Recovery Mode. Direkomendasikan kamu masih menggunakan Firmware yang belum diapa2kan, jika sudah flash ulang dahulu firmware kamu.

    • Lalu selanjutnya adalah mount dahulu semuanya direcovery mode, supaya datanya akan dipindahkan ke ekternal
    • jika sudah lalu pilih update zip, lalu pilih yang tadi file zip yang tadi kamu download.
    • Jika sudah reboot hh kamu, jika berhasil, maka kapasitas internal kamu akan bertambah.
    Semoga berhasil ya gan, dan selamat menikmati memory internal yang besar :)

    2 comments:

    Anonymous said...

    gan, ane dah coba ikutin step by stepnya..tp knpa memo internalnya kga berubah"??

    Anonymous said...

    Hoax...